Seunuddon

Mane Kawan

Sabtu, 17 Juli 2010

BAB II
Analisis Kurva Tak-Acuh Lanjutan dan
Teori Konsumen : Pendekatan Atribut
A. Analisis Pengaruh Harga
Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa perubahan harga suatu barang mengakibatkan timbulnya perubahan permintaaan terhadap barang tersebut. Perubahan jumlah barang yang diminta merupakan akibat adanya dua pengaruh yang mendominasi yaitu pengaruh pertama adalah pengaruh pendapatan dan pengaruh yang kedua adalah pengaruh subtitusi.
Atau dengan kata lain pengaruh harga = Pengaruh Pendapatan + Pengaruh Subtitusi

Pengaruh pendapatan adalah perubahan suatu barang yang diminta sebagai akibat berubahnya pendapatan nyata, dimana pendapatan nyata dikatakan berubah apabila harga suatu barang turun atau naik, memang pada jumlah pendapatan secara nominal tidak berubah akan tetapi perubahannya pada permintaan suatu barang. Sedangkan pengaruh subtitusi adalah berubahnya permintaaan suatu barang dikarenakan, adanya perubahan harga relative barang tersebut pada tingkat pendapatan nyata yang tetap. Dimana perubahan harga relative ini dikarenakan menurunnya suau barang dan menjadikan barang yang lain yang sejenis menjadi mahal sehingga konumen lebih memelih barang yang harganya lebih murah tersebut.

2.2 Barang-Barang Komplementer Sempurna
• Kurva Tak- Acuh Barang- Barang Komplementer Sempurna.
Untuk lebih mengenal barang-barang mana saja yang disebut sebagai barang yang komplementer sempurna kami sebutkan contoh yaitu sepatu yang sebelah kiri dengan yang sebelah kanan, artinya pada barang komplementer sempurna ini penambahan terhadap satu tanpa penambahan pada yang lain tidak akan mempengaruhi kepuasan atau dengan kata lain sama. Nah seperti yang kita liat di dalam gambar dibawah bahwa yang mana bertambahnya jumlah pengkonsumsian barang yang satu tampa disertai barang yang lain itu sama. Dengan demikian medan tak-acuh pasangan barang sepatu kiri dan kanan masing-masing berbentuk L dengan 90 derjat.





Gambar








2.3 Barang-Barang Subtitusi Sempurna
Sangat besar sekali kemungkinan terjadi bahwa konsumen merasa dan memilih barang lain yang cocok sebagai penggati barang yang dibutuhkan. Contohnya odol merek A baginya merupakan barang pengganti yang sempurna untuk odol merk B.Nah oleh karena itu disebut dengan subtitusi sempurna.
• Berntuk Kurva Tak Acuh Barang-Barang Subtitusi Sempurna
Setelah kita ketahui apa itu barang subtitusi sempurna dapatlah kita pahami bahwa bentuk dari kurva tak-acuh untuk pasangan barang subtitusi sempurna ini tidaklah melengkung melainkan merupakan garis- garis lurus dengan nilai marginal rate substitutions yang konstan.
Seperti yang terlihat pada gambar dibawah



Gambar





Bahwa kurva tak-acuh membentuk sudut 45 baik pada sumbu vertical maupun horizointal artinya bahwa pergantian barang dengan barang yang lain itu tidak membuat tingklat kepuasan berubah.

B. Teori Konsumen : Pendekatan Atribut
Garis Kombinasi Atribut
Teori ini diperkenalkan oleh Kelvin Lancaster pada tahun 1966. kalau pada teori sebelumnya yang sangat diperhatikan oleh konsumen adalah produknya maka pada teori ini Kevin menyebutkan bahwa yang menjadi perhatian konsumen adalah atributnya bukan pada produknya saja. Yang dimaksud atribut oleh Kevin ini adalah semua jasa yang dihasilkan atas memilih dan memiliki suatu barang .
Contohnya mobil memiliki atribut seperti sebagai pengangkutan, mengantar anak kesekolah dan lain sebagainya dan bukan saja berkaitan bagian-bagian mobil yang dipilih. Asumsinya bahwa rumah tangga konsumen telah membagi anggaran untuk setiap kelompok kebutuhan, contonya sekian untuk makan, jalan-jalan, kebutahan lainya. Nah yang menjadi konsen pada teori ini adalah bagaimana jatah anggaran untuk suatu jenis kebutuhan dilaksanakan. Contohnya kebutahan makan, bagaimana itu dialokasikan diantara berbagai pilihan makanana yang ada dan apabila ingin makan dirumah makan juga tersedia banyak rumah makan yang menawarkan kelezaatan dan kenyamanan yang berbeda.
Contoh bisa kita lihat gambar dibawah ini:



gambar


Garis Depan Efisiensi
Garis depan efisiensi adalah Kurva yang menunjukkan berbagai kombinasi atribut dari berbagai alternatif penggunaan suatu mata anggaran konsumen. Untuk menurunkan garis depan efisiensi yang dimiliki konsumen terlebih dahulu perlu diketahaui panjangnnya masing-masing garis kombinasi atribut. Singkatnya dapat disebut bahwa pangjang sebuah garis kmbinasi atribut tergantung pada
• Bersarnya anggaran yang tersedia
• Harga perkali transaksi
• Kokmbinasi atribut

Tidak ada komentar: